Headlines News :
Home » , » Waspadai Eksodus Pemilih, Pengawasan dari Semua Elemen Harus Berjalan Baik

Waspadai Eksodus Pemilih, Pengawasan dari Semua Elemen Harus Berjalan Baik

Written By Rahman Elharawy on Kamis, 25 Juni 2015 | 00.01

DEPOK - Sekretaris Fraksi Partai Demokrat DPRD Kota Depok, Siti Nurjanah, meminta kepada para penyelenggara pemilu untuk lebih optimal dalam menjalankan kinerjanya. Terutama dalam hal mempersiapkan segala tahapan pemilihan walikota dan wakil walikota Depok 2015. Seperti tahapan pemutakhiran data pemilih.
“Data pemilih yang dimiliki harus valid dan terbaru. Jangan ada data penduduk yang sudah meninggal, tapi masih masuk dalam data pemilih. Begitu pun dengan warga yang sudah pindah rumah,” kata Siti Nurjanah, di gedung DPRD kawasan Kota Kembang, Selasa (23/6).
Ia mengatakan, bila KPU tidak teliti dalam melakukan pemutakhiran data, maka data pemilih yang sudah meninggal, maupun pindah domisili, rawan dipakai untuk memberikan suara oleh oknum yang tidak bertanggung jawab sewaktu proses pemungutan suara pada 9 Desember.
“Data orang meninggal kalau masih ada di daftar pemilih tetap (DPT) pilkada bisa saja dipakai orang lain untuk memberikan suara. Bahkan orang tersebut bisa dua kali memilih atau dipakai oleh orang dari luar Depok,” katanya.
Menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, jajaran KPU di tingkat kelurahan sampai kecamatan harus dapat mencegah adanya eksodus pemilih, khususnya di daerah perbatasan Kota Depok.
“Untuk pemutakhiran data, saya dengar sudah ada sistem informasi data pemilih (sidalih) untuk mencoret warga yang sudah tidak bisa memilih. Karena itu, dibutuhkan orang-orang yang teliti dan mahir komputer dan internet untuk mengoperasikan itu. Dan ini bukan perkara yang mudah,” katanya.
Siti Nurjanah yang masuk bursa bakal calon (balon) walikota dari Partai Demokrat ini pun meminta para penyelenggara pemilu, KPU dan Panwaslu rutin berkoordinasi dengan kepolisian, dan masyarakat.
Karena ini untuk keamanan dan kondusifnya penyelenggaraan pilkada, dari semua tahapan sampai pelantikan walikota baru.
“Pengawasan dari semua elemen, termasuk dewan, LSM dan wartawan, serta masyarakat harus berjalan baik,” kata Siti Nurjanah. [ded/pojoksatu]
Share this post :

Posting Komentar

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger