Headlines News :
Home » , , , » SBY Akhirnya Bersedia Jadi Ketum Demokrat

SBY Akhirnya Bersedia Jadi Ketum Demokrat

Written By Rahman Elharawy on Sabtu, 30 Maret 2013 | 01.08


DENPASAR, Berita HUKUM - Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono akhirnya bersedia menerima tawaran posisi Ketua Umum Partai Demokrat. Kesediaan ini disampaikan SBY setelah bertemu dengan Ketua Dewan Pimpinan Demokrat Daerah di Nusa Dua, Sabtu pagi, (30/3). 

"Beliau akan menyatakan kesediaannya di forum kongres," kata Ketua Demokrat Sulawesi Tenggara, Muhammad Endang, ketika dihubungi, Sabtu, 30 Maret 2013. Dalam pertemuan itu, SBY meminta agar pengurus Partai Demokrat di daerah bersedia tidak mengganggu tugas SBY sebagai Presiden RI.

Endang menyatakan agar tugas SBY sebagai kepala negara dan kepala pemerintahan tidak terganggu, Ketua DPD mengusulkan penambahan wakil ketua umum. Selain itu, ada juga usulan pembentukan ketua harian yang melaksanakan kegiatan operasional partai. 

Endang menuturkan, sejumlah calon yang diusulkan menjadi Ketua Harian Demokrat adalah Menteri Koperasi Syariefudin Hasan, Gubernur Jawa Timur Soekarwo, dan Lukas Enembe. Menurut dia, siapa yang akan ditunjuk menjadi ketua harian akan ditentukan oleh tim dan formatur yang disepakati dalam kongres.

Kongres Luar Biasa Partai Demokrat diselenggarakan di Bali pada 30-31 Maret 2013. Kongres ini dihelat untuk memilih ketua umum yang posisinya kosong karena ditinggalkan oleh Anas Urbaningrum. Pengurus daerah Demokrat sudah mengusulkan agar posisi ini diisi oleh Susilo Bambang Yudhoyono.

Sebelumnya, sejumlah Ketua Dewan Pimpinan Daerah Partai Demokrat menemui Ketua Dewan Pembina Susilo Bambang Yudhoyono di The Laguna Resort & Spa, Nusa Dua, Bali. Pertemuan dilangsungkan menjelang Kongres Luar Biasa Demokrat, Sabtu siang.

"Kami para Ketua DPD diundang sarapan bersama dengan Ketua Dewan Pembina," kata Ketua DPD DKI Jakarta, Nachrowi Ramli, di The Laguna Resort & Spa, Nusa Dua, Bali, Sabtu pagi. Adapun para Ketua DPD Demokrat mendatangi hotel tempat SBY menginap sejak pukul 08:00 Wita.

Nachrowi enggan memberi informasi ihwal pembahasan yang bakal dilakukan dalam pertemuan antara 33 Ketua DPD dan SBY. Menurut dia, belum ada agenda pembicaraan dalam pertemuan itu. "Diharapkan sekarang kumpul semua," ujarnya, seperti dikutip dari tempo.co.

Selain semua pengurus daerah, sejumlah petinggi Demokrat terlihat menemui SBY, Sabtu pagi. Mereka antara lain Sekretaris Dewan Pembina Jero Wacik, anggota Dewan Kehormatan Amir Syamsuddin, anggota Dewan Pembina E.E. Mangindaan, serta Menteri Pemuda dan Olahraga Roy Suryo.

Adapun kongres Demokrat bakal digelar di Inna Grand Beach Hotel, Sanur, Bali, 30-31 Maret. Kongres ditujukan untuk memilih ketua umum pengganti Anas Urbaningrum. Hingga saat ini, sejumlah kader daerah Demokrat meminta SBY menjadi ketua umum.(tmp/bhc/rby)

Share this post :

Posting Komentar

 
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger